Senin, 17 Agustus 2015

Sweet roll bun

Dapat resep ajibb banget roti ga perlu ulen tapi hasilnya lembut...asik2 deh, efek keseringan gatot kalau buat roti..

SWEET ROLL BUN
Original resep nikmatul rosidah
Modified evy jalina
Bahan :
300 gr susu segar hangat( saya pakai susu cair hangat dari SKM campur air hangat).
2 sdt Ragi kering untuk roti( saya pakai ragi instan fermipan).
50 gr gula putih.
1 butir telur.
56 gr unsalted butter, suhu ruang lembutkan dengan garpu( saya pakai royal palmia yang margarin mix butter).
1 sdt  Garam.
450 gr terigu protein sedang ayak, ( saya pakai terigu protein tinggi mix terigu protein sedang).
Sedikit butter dilelehkan untuk polesan roti setelah matang( saya sedikit royal palmia ma sedikit SKM di campur rata).

Cara pengolahan
1. Tuang susu hangat dalam mangkok besar,masukkan ragi,( jangan panas ya, kalau susu terlalu panas ragi bisa mati).tunggu 5 menit( saya sambi nonton tv jadi sampai15 menitan hehe).
2. Masukkan gula pasir, telur, butter(saya royal palmia margarin mix butter), garam, aduk sampai rata, ( saya menggunakan whisk), kemudian masukkan tepung terigu, aduk sampai adonan tercampur rata( saya pake entong nasi kayu).
3. Tutup  mangkok dengan plastik( saya dengan lap bersih), diamkan sampai mengembang 2 kali lipat, ± 1jam.
4. Setelah mengembang kempiskan adonan, diamkan lagi 20 menit, kempiskan lagi kemudian diamkan 20 menit.
5. Kemudian bagi adonan ( bulat- bulatkan sesuai selera boleh diisi apa aja sesuai selera), diamkan sampai mengembang lagi.( sesaat sebelum di panggang saya taburi keju parut).
6. Panggang di oven suhu 200°c selama 12 menit, keluarkan dari oven olesi butter.( saya pakai Oven tangkring dengan api kompor sedang ke besar selama 20 menit).
Selamat mencoba..

Note: bila pake tepung terigu protein tinggi  air dikurangi menjadi 275 ml.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar